Selasa, 20 November 2018

MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI


Multimedia berasal dari kata latin yaitu, multi yang berarti banyak dan medium yang berarti sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Berdasarkan hal tersebut dapat diartikan bahwa multimedia merupakan penggabungan teks, gambar, suara, video dan animasi untuk meyampaikan maksud tertentu agar lebih menarik dan lebih mudah (Rahayu, 2013 : 1)
Karakteristik materi biologi meliputi konsep, prinsip, dan proses dari gejala-gejala hidup dan seluk-beluk yang mempengaruhi hidup termasuk interaksi dengan sebuah ingkungan. Materi biologi terusmengalami perkembangan sejalan dengan penemuan-penemuan baru dalam biologi dan cabang-cabangnya, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi(Anggraeni, 2009) Sedangkan untuk biologi itu sendiri memiliki arti ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan dan kehidupan serta lingkungannya(Armansyah, 2018). Dalam pembelajaran biologi juga di dalamnya mempelajari mengenai makhluk hidup, seperti zat yang membentuk makhluk hidup, zat yang diperlukan hidup, dan berbagai hal antara lingkungan hidup dengan lingkungannya.
Makhluk hidup dalam pembelajaran biologi melibatkan hewan, tanaman, dan manusia sekalipun yang akan berkaitan dengan lingkungan itu tesendiri. Makhluk hidup yang dipelajarinya pun meliputi segala jenis dari yang mempunyai satu sel hingga yang mempunyai banyak sel, dari yang tidak berbahaya hingga yang berbahaya, dari yang bergerak aktif maupun pasif.
Peran multimedia dalam pembelajaran salah satunya adalah untuk mempermudah penyampaian suatu pembelajaran dan disajikan dengan lebih menarik serta efektif dan efisien. Selain itu, dengan adanya multimedia dapat sangat membantu dalam pembelajaran biologi karena dapat di jadikan sebagai pengganti atau sebagai ilustrasi bayangan agar anak-anak tidak hanya membayangkan melainkan dpat melihat secara langsung keadaanya langsung.
Sebagai contohnya multimedia dalam biologi dapat membantu mempermudah pembelajaran, salah satunya dalam materi pembelajaran system syaraf pada manusia. Syaraf itu sendiri merupakan bagian terpentik dalam makhluk hidup, yang syaraf itu sendiri terdapat dalam tubuh kita dan tidak dapat dilihat dengan kasata mata dan sembarang. Apabila kita sebagai guru haya memberikan penjelasan mengenai syaraf itu sendiri serta hanya sedikit bentuk dari syaraf siswa tidak akan mengerti bagaimana cara kerjanya serta dimana saja letak syaraf tersebut. Dengan bantuan multimedia kita dapat menayangkan video pembelajaran mengenai syaraf agar dapat membantu siswa dalam belajar serta pembelajaran pun akan lebih efektif dan efisien karena siswa tidak hanya membayangkan melainkan tau bentuk dan hal aslinya seperti apa.
Berikut merupakan contoh dari system syaraf yang dapat digunakan dalam membantu pembelajaran :
Video1. Sistem Syaraf

Selain itu peran multimedia dalam pembelajaran biologi, sapat menggantikan atau menayangkan serta menjelaskan sesuatu yang terjadi dalam waktu yang sangat lama salah satunya dalam materi evolusi hewan dan adaptasi.
Pada materi pelajaran adaptasi, tentu saja kita dapat melihat secara langsung pada hewan yang tidak berbahaya serta mudah dijangku. Tetapi, pada hewan yang sulit dijangkau dan berbahaya kita dapat menggantikanya dengan multimedia. Adptasi tidak hanya berlangsung kali ini, melainkan sudah berlangsung puluhan bahkan ribuan tahun lamanya yang membuat hal itu tidak dapat kita lihat secara langsung. Bahkan sebagian becar kita mengetahui bentu yang kita lihat sekarang merupakan bentuk asli dari makhluk tersebut. Pada adaptasi hewan dapat saja merubah bentuk maupun sifat asli dari makhluk tersebut dikarenakan menyesuaikan dengan lingkungan, makanan serta lainnya. Dapat kita lihat pada hewan jerapah yang kita ketahui bahwa hewan tersebut merupakan hewan yang memiliki leher panjang, tetapi sebenarnya pada ribuan tahun lalu jerapah mempunyai bentuk leher yang pendek sama dengan zebra, tetapi karena proses adaptasi yang hl tersebut bisa terjadi. Jerapah yang memiliki leher pendek tidak mampu menjangkau daun pada poho yang tinggi sebagai makananya, karena proses adaptasi dan memakan waktu yang lama maka menyebabkan leher jerapah yang memanjang menyesuaikan dengan ketersediaan makananya.
Apabila kita hanya menjelaskan hal tersebut mungin saja siswa tidak mengerti dan hanya membayangkan yang belum tentu kebenaranya, tetapi dengan adanya peran multi media sebagai alat bantudan alat pengganti siswa puna akan lebih terbantu dan mengerti, sebagai contohnya dapat enambahkan dengan foto maupun video.
Gambar 1. Adaptasi Jerapah

Peran multimedia tidak hanya digunakan dalam materi yang telah dipaparkan diatas, melainkan dapat sangat berugna pada semua materi dalam biologi karena biologi melibatkan hal hidup yang kita tidak hanya dapat membayangkan melainkan harus mentahui secara jelas sehingga tidak ada yang namanya perbedaan pendapat akibat pemikiran setiap orang yang berbeda,  

KESIMPULAN


Multimedia dalam pembelajaran merupakan salah satu cara dalam membantu siswa dalam belajar, yang dapat menyajikan sebuahmateri dengan lebih menarik dan lebih mudah. Multimedia juga dapat berperan sebagai pengganti atau juga sebagai media yang membantu menjelaskan dengan menayangkan video ataupun gambar yang akan menarik dan menjelaskan sesuau yang lebih nyata bagi siswa

DAFTAR PUSTAKA


Armansyah, Wawang.(2018).”Pengertian Biologi Secara Lengkap”[online]. Diakses : https://www.seppuloeppa.com/. [20-11-2018]

Anggraeni. N.(2009).:Peran Multimedia Dalam Pembelajaran Biologi”.[online]. Diakses : https://www.academia.edu/. [20-11-2018].

Pembelajaran Cerdas Untuk Semua. (2015). "Stucture Of A Neuron". Diunduh : https://www.youtube.com/watch?v=Ta_vWUsrjho. [20-11-2015]

Rahayu, Nunik.(2013).”Desain Multimedia”.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar