Multimedia berasal dari kata latin yaitu, multi yang
berarti banyak dan medium yang berarti sesuatu yang digunakan untuk
menyampaikan atau membawa sesuatu. Berdasarkan hal tersebut dapat diartikan
bahwa multimedia merupakan penggabungan teks, gambar, suara, video dan animasi
untuk meyampaikan maksud tertentu agar lebih menarik dan lebih mudah (Rahayu,
2013 : 1)
Karakteristik
materi biologi meliputi konsep, prinsip, dan proses dari gejala-gejala hidup
dan seluk-beluk yang mempengaruhi hidup termasuk interaksi dengan sebuah
ingkungan. Materi biologi terusmengalami perkembangan sejalan dengan
penemuan-penemuan baru dalam biologi dan cabang-cabangnya, serta perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi(Anggraeni, 2009) Sedangkan untuk biologi itu sendiri memiliki
arti ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang
berhubungan dengan kehidupan dan kehidupan serta lingkungannya(Armansyah,
2018). Dalam pembelajaran biologi juga di dalamnya mempelajari mengenai makhluk
hidup, seperti zat yang membentuk makhluk hidup, zat yang diperlukan hidup, dan
berbagai hal antara lingkungan hidup dengan lingkungannya.
Makhluk hidup dalam pembelajaran biologi melibatkan
hewan, tanaman, dan manusia sekalipun yang akan berkaitan dengan lingkungan itu
tesendiri. Makhluk hidup yang dipelajarinya pun meliputi segala jenis dari yang
mempunyai satu sel hingga yang mempunyai banyak sel, dari yang tidak berbahaya
hingga yang berbahaya, dari yang bergerak aktif maupun pasif.
Peran multimedia dalam pembelajaran salah satunya
adalah untuk mempermudah penyampaian suatu pembelajaran dan disajikan dengan
lebih menarik serta efektif dan efisien. Selain itu, dengan adanya multimedia
dapat sangat membantu dalam pembelajaran biologi karena dapat di jadikan
sebagai pengganti atau sebagai ilustrasi bayangan agar anak-anak tidak hanya
membayangkan melainkan dpat melihat secara langsung keadaanya langsung.
Sebagai contohnya multimedia dalam biologi dapat
membantu mempermudah pembelajaran, salah satunya dalam materi pembelajaran system
syaraf pada manusia. Syaraf itu sendiri merupakan bagian terpentik dalam
makhluk hidup, yang syaraf itu sendiri terdapat dalam tubuh kita dan tidak
dapat dilihat dengan kasata mata dan sembarang. Apabila kita sebagai guru haya
memberikan penjelasan mengenai syaraf itu sendiri serta hanya sedikit bentuk
dari syaraf siswa tidak akan mengerti bagaimana cara kerjanya serta dimana saja
letak syaraf tersebut. Dengan bantuan multimedia kita dapat menayangkan video
pembelajaran mengenai syaraf agar dapat membantu siswa dalam belajar serta
pembelajaran pun akan lebih efektif dan efisien karena siswa tidak hanya
membayangkan melainkan tau bentuk dan hal aslinya seperti apa.
Berikut merupakan contoh dari system syaraf yang dapat
digunakan dalam membantu pembelajaran :
Video1. Sistem Syaraf
Selain itu peran multimedia dalam pembelajaran
biologi, sapat menggantikan atau menayangkan serta menjelaskan sesuatu yang
terjadi dalam waktu yang sangat lama salah satunya dalam materi evolusi hewan
dan adaptasi.
Pada materi pelajaran adaptasi, tentu saja kita dapat
melihat secara langsung pada hewan yang tidak berbahaya serta mudah dijangku. Tetapi,
pada hewan yang sulit dijangkau dan berbahaya kita dapat menggantikanya dengan
multimedia. Adptasi tidak hanya berlangsung kali ini, melainkan sudah
berlangsung puluhan bahkan ribuan tahun lamanya yang membuat hal itu tidak
dapat kita lihat secara langsung. Bahkan sebagian becar kita mengetahui bentu
yang kita lihat sekarang merupakan bentuk asli dari makhluk tersebut. Pada adaptasi
hewan dapat saja merubah bentuk maupun sifat asli dari makhluk tersebut
dikarenakan menyesuaikan dengan lingkungan, makanan serta lainnya. Dapat kita
lihat pada hewan jerapah yang kita ketahui bahwa hewan tersebut merupakan hewan
yang memiliki leher panjang, tetapi sebenarnya pada ribuan tahun lalu jerapah
mempunyai bentuk leher yang pendek sama dengan zebra, tetapi karena proses
adaptasi yang hl tersebut bisa terjadi. Jerapah yang memiliki leher pendek
tidak mampu menjangkau daun pada poho yang tinggi sebagai makananya, karena
proses adaptasi dan memakan waktu yang lama maka menyebabkan leher jerapah yang
memanjang menyesuaikan dengan ketersediaan makananya.
Apabila kita hanya menjelaskan hal tersebut mungin
saja siswa tidak mengerti dan hanya membayangkan yang belum tentu kebenaranya,
tetapi dengan adanya peran multi media sebagai alat bantudan alat pengganti
siswa puna akan lebih terbantu dan mengerti, sebagai contohnya dapat enambahkan
dengan foto maupun video.
Gambar 1. Adaptasi Jerapah
Peran multimedia tidak hanya digunakan dalam materi yang
telah dipaparkan diatas, melainkan dapat sangat berugna pada semua materi dalam
biologi karena biologi melibatkan hal hidup yang kita tidak hanya dapat
membayangkan melainkan harus mentahui secara jelas sehingga tidak ada yang
namanya perbedaan pendapat akibat pemikiran setiap orang yang berbeda,
KESIMPULAN
Multimedia dalam pembelajaran merupakan salah satu
cara dalam membantu siswa dalam belajar, yang dapat menyajikan sebuahmateri
dengan lebih menarik dan lebih mudah. Multimedia juga dapat berperan sebagai
pengganti atau juga sebagai media yang membantu menjelaskan dengan menayangkan
video ataupun gambar yang akan menarik dan menjelaskan sesuau yang lebih nyata
bagi siswa
DAFTAR PUSTAKA
Armansyah, Wawang.(2018).”Pengertian Biologi Secara
Lengkap”[online]. Diakses : https://www.seppuloeppa.com/.
[20-11-2018]
Anggraeni. N.(2009).:Peran Multimedia Dalam
Pembelajaran Biologi”.[online]. Diakses : https://www.academia.edu/.
[20-11-2018].
Pembelajaran Cerdas Untuk Semua. (2015). "Stucture Of A Neuron". Diunduh : https://www.youtube.com/watch?v=Ta_vWUsrjho. [20-11-2015]
Rahayu, Nunik.(2013).”Desain Multimedia”.
Pembelajaran Cerdas Untuk Semua. (2015). "Stucture Of A Neuron". Diunduh : https://www.youtube.com/watch?v=Ta_vWUsrjho. [20-11-2015]
Rahayu, Nunik.(2013).”Desain Multimedia”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar