Jumat, 09 November 2018

KUIS DASAR-DASAR MULTIMEDIA



1.    Keberadaan teks dalam media harus memiliki arti, baik berupa kata maupun kalimat, jadi kejelasan arti dan kepadatan kata menjadi pertimbangan utama pemakai elemen teks
Jawaban :
bisa diartikan dengan teks yang dimasukan atau digunakan harus padat dan tidak bertele-tele, serta tidak menggnakan kata yang ambigu sehingga tidak menghasilkan suatu kalimat yang memiliki beberapa artian yang berbeda. Elemen-elemen teks bisa menjadi besar ataupun kecil bergantung pada tujuan suatu aplikasi dan sikap pengguna dan Teks merupakan salah satu media penting yang diperlukan dalam sebuah multimedia karena informasi disampaikan dan disebarkan dengan mudah dan bermakna(Munir, 2012 : 256)
2.    Teks dalam bentuk kata, kalimat, dan paragraph digunakan untuk mengkomunikasikan pikiran, ide, dan fakta di dalam hampir semua aspek kehidupan
Jawaban :
Dalam setiap aspek kehidupan pasti terlibat dengan yang namanya teks baik berupa kata, kalimat ataupun paragraph, teks tersebut digunakan untuk berupa pikiran, ide dan fakta baik secara langsung ataupun tidak langsung. Teks dapat dijadkan sebuah media yang mengkomunikasikan sebuah pikiran ataupun ide yang dapat disimpan dalam jangka lama dan dapat dibagikan kepada yang lain sehingga hal tersebut atau teks tersebut dapat menjadi sebuah ilmu dan pengetahuan. Teks juga dapat di kombinasikan dengan beberapa elemen multimedia lainnya, selain menjadi sebuah etertarikan juga dapat menjadi sebuah wadah unruk menyampaikan dan ekspresikan sebuah rasa. Sesaui dengan yang dipaparkan oleh Munir(2012 : 255) Teks merupakan alat komunikasi yang utama. Dengan perkembangan teknologi multimedia, teks dapat dikombinasikan dengan media lain dengan cara yang lebih powerful dan bermakna untuk menyajikan informasi dan mengekspresikan perasaan.
3.  Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi yang bersifat auditif sangat mendominasi kehidupan manusia. Demikian pula dalam kegiatan pembelajaran, penggunaan komunikasi audio banyak dipergunakan.
Jawaban :
Alam kehiduoan sehari-hari audio ini bisa diartikan dengan berbicara atau suara(Hasniarmisra, 2015). Berbicara atau suara sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari atau mendominasi kehidupan kita kaena salah satu alsanya untuk berkomunsikasi. Auditif adalah media pengajaran yang mengandalkan kemampuan suara saja, sama hal nya dengan kegiatan pembelajaran, karena dengan audio kemampuan menyimpan pesan <3 hari sekitar 30% dan apabila lebih dari >3 hari sekitar 10% tetapi dalam daya ingat menggunakan auditif ini haya sekitar 10% itu pun tergantung kepada kemampuan kestiap siswa, ada beberama kelebihan dan kelemahan dalam auditf menurut Munir(2012) :
Kelebihan audio di dalam multimedia adalah:
a.       Sebagai media untuk memberikan motivasi.
b.   Untuk menyampaikan materi-materi tertentu karena suara mendekati keadaan asli dari  materi tersebut.
c.   Membantu peserta didik fokus pada materi yang dipelajari karena cukup mendengarkan tanpa melakukan aktivitas lain yang menuntut konsentrasi
Kelemahan audio di dalam multimedia adalah:
a.    Memerlukan tempat penyimpanan yang besar di dalam komputer.
b.  Memerlukan software dan hardware yang spesifik agar suara dapat disampaikan melalui komputer.
4.      Unsur audio dapat dimanfaatkan untuk memperkaya imajinasi dengan cara menghadirkan theatre of mind agar isi materi pelajaran lebih dihayati oleh peserta didik.
Jawaban :
Theater of mind dapat diartikan sebagai panggung pikiran atau keterampilan seseorang untuk menyampaikan suatu informasi sehigga para pendengar dapat membanyangkan apa yang disampaikan oleh pembicara. Dengan adanya hal itu siswa dapat membanyangkan apa yang disampaikan oleh guru nya dan juga hal tersebut akan dapat sangat membantu apabila didampingi dengan multimedia berupa video sehingga siswa tidak hanya membayangkan dan berimajinasi tapu mengetahui situasi sebenarnya.
5.   Alasan menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks
Jawaban :
Dalam media persentasi penggunaan teks yang terlalu banyak dan padat dapat menyebabkan kebosanan dan kejenenuhan bagi audience apalagi dalam persetasi penuh dengan teks dan setiap slidenya seperti Koran. Dengan penambahan  gambar pada persentasi dapat menambah ketertarikan dan mengurangu kejenuhan karena kita tidak hanya mendengarkan melainkan dapat melihat dengan membayagkan karena dengan gambar biasanya dapat menjelaskan sesuatu lebih jelas dan rinci.
6.      Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara baru dan lebih berguna
Jawaban :
Gambar dapat menyajikan suatu data dengan kompleks atau lebih sederhana dan mudah dipahami dan dengan data juga dapat meringkas suatu materi menjadi lebih sedikit tapi lebih mudah di pahami, sehingga tidak hanya membayangkan tetapi tau bentuk atau keadaanaslinya seperti apa. Karena biasanya teks tanpa di damping gambar akan lebih susah untuk dipahamidan sedikit bertele-tele dan juga kemampuan seseorag untuk menyerap arti dari sebuah teks itu berbeda-beda
7.    Kelebihan elemen video dalam multimedia adalah dapat menjelaskan keadaan nyata dari suatu proses, fenomena, atau kejadian.
Jawaban :
Dalam setiap elemen multimedia terdapat kelebihan dan kekurangan dalam setiap penggunaanya, dan juga dalam penggunaan setiap elemen multimedia harus diselaraskan dengan apa yang akan di sampaikan dan apa yang akan diberikan, denga menggunakan video hal yang disampaikan dapat menyampaikan keadaan nyata dari suatu proses, fenomena, atau kejadian.maka terdapat bebrapa kelebihan menggunakan video menurut Imran(2014) :
a.       Dapat melengkapi pengalaman dasar dar siswa ketika mereka membaca, berdiskusi, berpraktik dan lainnya
b.      Dapat menggabarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berlangsung
c.       Mendorong dan meningkatkan motivasi
d.      Dapat menyajikan situasi dan keadaan yang berbahaya yang tidak dapat dilihat secara lansgung
e.       Video yang mengandung hal positif dapat mengundang pemikiran dan pembhasan dalam kelompok siswa
f.       Siswa dapat megetahui keadaan langsung atau situasi langsung dari sebuah keadaan atau tempat tanpa perlu membayangkan dan berimajinasi.
8.   Kelebihan elemen video dalam multimedia adalah sebagai bagian terintegrasi dengan media lain seperti teks atau gambar, video dapat memperkaya penyajian/penjelasan.
Jawaban :
Dalam sebuah video di dalamnya dapat mengandung sebuah gambar, teks, animasi, grafik, dan audio sekalipun. Dengan termuatnya semua elemen dalam video dapat memperkaya penyajian dan penjelasan sehingga dapat mengefesienkan baik tempat serta media yang diguakan dalam pemelajaran. Dengan video pun kita dapat terbantu karena video dapat menjelaskan segala situasi yang ada baik secara audiotif maupun visual.
9.      Animasi di dalam sebuah aplikasi multimedia menjanjikan suatu tampilan visual yang lebih dinamis, dapat menampilkan sesuatu yang mustahil atau kompleks dalam kehidupan yang sebenarnya dan dapat direalisasikan di dalam aplikasi tersebut
Jawaban :
Animasi dapat menampilkan suatu yang mustahil dan kompleks dalam kehidupan, dan juga dapat menampilkan sesuatu yang berbahaya dan juga belum terlaksana atau tidak ada. Sehingga kita tidak hanya membayangkan tapi dapat merealisasikan dalam bentuk animasi dan mengembangkan sebuah imajinasi menjadi nyata
10.  Penggunaan animasi, visualisasi, eksperimen virtual dalam suatu pembelajaran aktif tidak menjamin efek positif pada pembelajaran.
Jawaban :
Pengunaan animasi visualisasi dan eksperimen dalam hal pembelajaran aktif tidak melelulu menghasilkan sesuatu yang positif apabila penyajianya kurang mempertimbangkan kesesuain dan ketetapan disegala hal nya teritama misalnya pada tingkatan audiencenya. Karena penggunaan animasi, vuaslisai dan vitual yang berlebihan dapat menyebabkan siswa teralihkan perhatianya dan kurangnya konsentrasi. Pembelaaran aktif merupakan pebelajaran yang melibatkan siswa didalamnya jadi apabila hal tersebut terlalu berlebih dan mendominasi maka akan menjadikan siswa tersebut tidak aktif dan kurang tertarik



DAFTAR PUSTAKA

Haniarmisra. (2015). Pengertian auditif.[online]. Diakses : https://brainly.co.id.
(9-11-2018)
2015). Keuntungan peggunaan media pembelajaran film dan video.[online]. Diakses :

Munir.(2012). Multimedia : konsep dan aplikasi dalam pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar