1. Keberadaan teks dalam media harus memiliki arti, baik berupa kata maupun
kalimat, jadi kejelasan arti dan kepadatan kata menjadi pertimbangan utama
pemakai elemen teks
Jawaban :
bisa diartikan
dengan teks yang dimasukan atau digunakan harus padat dan tidak bertele-tele,
serta tidak menggnakan kata yang ambigu sehingga tidak menghasilkan suatu
kalimat yang memiliki beberapa artian yang berbeda. Elemen-elemen teks bisa
menjadi besar ataupun kecil bergantung pada tujuan suatu aplikasi dan sikap
pengguna dan Teks merupakan salah satu media penting yang diperlukan dalam
sebuah multimedia karena informasi disampaikan dan disebarkan dengan mudah dan
bermakna(Munir, 2012 : 256)
2. Teks dalam bentuk kata, kalimat, dan paragraph digunakan untuk mengkomunikasikan
pikiran, ide, dan fakta di dalam hampir semua aspek kehidupan
Jawaban :
Dalam setiap
aspek kehidupan pasti terlibat dengan yang namanya teks baik berupa kata,
kalimat ataupun paragraph, teks tersebut digunakan untuk berupa pikiran, ide
dan fakta baik secara langsung ataupun tidak langsung. Teks dapat dijadkan
sebuah media yang mengkomunikasikan sebuah pikiran ataupun ide yang dapat
disimpan dalam jangka lama dan dapat dibagikan kepada yang lain sehingga hal
tersebut atau teks tersebut dapat menjadi sebuah ilmu dan pengetahuan. Teks
juga dapat di kombinasikan dengan beberapa elemen multimedia lainnya, selain
menjadi sebuah etertarikan juga dapat menjadi sebuah wadah unruk menyampaikan
dan ekspresikan sebuah rasa. Sesaui dengan yang dipaparkan oleh Munir(2012 :
255) Teks merupakan alat komunikasi yang utama. Dengan perkembangan teknologi
multimedia, teks dapat dikombinasikan dengan media lain dengan cara yang lebih powerful dan bermakna untuk menyajikan
informasi dan mengekspresikan perasaan.
3. Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi yang bersifat auditif sangat
mendominasi kehidupan manusia. Demikian pula dalam kegiatan pembelajaran,
penggunaan komunikasi audio banyak dipergunakan.
Jawaban :
Alam kehiduoan
sehari-hari audio ini bisa diartikan dengan berbicara atau suara(Hasniarmisra,
2015). Berbicara atau suara sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari
atau mendominasi kehidupan kita kaena salah satu alsanya untuk berkomunsikasi.
Auditif adalah media pengajaran yang mengandalkan kemampuan suara saja, sama
hal nya dengan kegiatan pembelajaran, karena dengan audio kemampuan menyimpan
pesan <3 hari sekitar 30% dan apabila lebih dari >3 hari sekitar 10%
tetapi dalam daya ingat menggunakan auditif ini haya sekitar 10% itu pun
tergantung kepada kemampuan kestiap siswa, ada beberama kelebihan dan kelemahan
dalam auditf menurut Munir(2012) :
Kelebihan
audio di dalam multimedia adalah:
a.
Sebagai
media untuk memberikan motivasi.
b. Untuk
menyampaikan materi-materi tertentu karena suara mendekati keadaan asli dari materi tersebut.
c. Membantu
peserta didik fokus pada materi yang dipelajari karena cukup mendengarkan tanpa
melakukan aktivitas lain yang menuntut konsentrasi
Kelemahan audio
di dalam multimedia adalah:
a. Memerlukan
tempat penyimpanan yang besar di dalam komputer.
b. Memerlukan
software dan hardware yang spesifik agar suara dapat disampaikan melalui
komputer.
4.
Unsur audio dapat dimanfaatkan untuk memperkaya imajinasi dengan cara
menghadirkan theatre of mind agar isi materi pelajaran lebih dihayati
oleh peserta didik.
Jawaban :
Theater of mind dapat diartikan sebagai panggung
pikiran atau keterampilan seseorang untuk menyampaikan suatu informasi sehigga
para pendengar dapat membanyangkan apa yang disampaikan oleh pembicara. Dengan
adanya hal itu siswa dapat membanyangkan apa yang disampaikan oleh guru nya dan
juga hal tersebut akan dapat sangat membantu apabila didampingi dengan
multimedia berupa video sehingga siswa tidak hanya membayangkan dan
berimajinasi tapu mengetahui situasi sebenarnya.
5. Alasan menggunakan gambar dalam presentasi atau
publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi
kebosanan dibandingkan dengan teks
Jawaban :
Dalam media
persentasi penggunaan teks yang terlalu banyak dan padat dapat menyebabkan
kebosanan dan kejenenuhan bagi audience apalagi
dalam persetasi penuh dengan teks dan setiap slidenya seperti Koran. Dengan
penambahan gambar pada persentasi dapat
menambah ketertarikan dan mengurangu kejenuhan karena kita tidak hanya
mendengarkan melainkan dapat melihat dengan membayagkan karena dengan gambar
biasanya dapat menjelaskan sesuatu lebih jelas dan rinci.
6.
Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara baru dan lebih berguna
Jawaban :
Gambar dapat
menyajikan suatu data dengan kompleks atau lebih sederhana dan mudah dipahami
dan dengan data juga dapat meringkas suatu materi menjadi lebih sedikit tapi
lebih mudah di pahami, sehingga tidak hanya membayangkan tetapi tau bentuk atau
keadaanaslinya seperti apa. Karena biasanya teks tanpa di damping gambar akan
lebih susah untuk dipahamidan sedikit bertele-tele dan juga kemampuan seseorag
untuk menyerap arti dari sebuah teks itu berbeda-beda
7. Kelebihan elemen video dalam multimedia adalah
dapat menjelaskan keadaan nyata dari
suatu proses, fenomena, atau kejadian.
Jawaban :
Dalam setiap
elemen multimedia terdapat kelebihan dan kekurangan dalam setiap penggunaanya,
dan juga dalam penggunaan setiap elemen multimedia harus diselaraskan dengan
apa yang akan di sampaikan dan apa yang akan diberikan, denga menggunakan video
hal yang disampaikan dapat menyampaikan keadaan nyata dari suatu proses, fenomena, atau kejadian.maka terdapat bebrapa kelebihan menggunakan video menurut Imran(2014) :
a.
Dapat
melengkapi pengalaman dasar dar siswa ketika mereka membaca, berdiskusi,
berpraktik dan lainnya
b.
Dapat
menggabarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berlangsung
c.
Mendorong
dan meningkatkan motivasi
d.
Dapat
menyajikan situasi dan keadaan yang berbahaya yang tidak dapat dilihat secara
lansgung
e.
Video
yang mengandung hal positif dapat mengundang pemikiran dan pembhasan dalam
kelompok siswa
f.
Siswa
dapat megetahui keadaan langsung atau situasi langsung dari sebuah keadaan atau
tempat tanpa perlu membayangkan dan berimajinasi.
8. Kelebihan elemen video dalam multimedia adalah sebagai
bagian terintegrasi dengan media lain seperti teks atau gambar, video dapat
memperkaya penyajian/penjelasan.
Jawaban :
Dalam sebuah
video di dalamnya dapat mengandung sebuah gambar, teks, animasi, grafik, dan
audio sekalipun. Dengan termuatnya semua elemen dalam video dapat memperkaya
penyajian dan penjelasan sehingga dapat mengefesienkan baik tempat serta media
yang diguakan dalam pemelajaran. Dengan video pun kita dapat terbantu karena
video dapat menjelaskan segala situasi yang ada baik secara audiotif maupun
visual.
9.
Animasi di dalam sebuah aplikasi multimedia menjanjikan
suatu tampilan visual yang lebih dinamis, dapat menampilkan sesuatu yang
mustahil atau kompleks dalam kehidupan yang sebenarnya dan dapat direalisasikan
di dalam aplikasi tersebut
Jawaban :
Animasi dapat
menampilkan suatu yang mustahil dan kompleks dalam kehidupan, dan juga dapat
menampilkan sesuatu yang berbahaya dan juga belum terlaksana atau tidak ada.
Sehingga kita tidak hanya membayangkan tapi dapat merealisasikan dalam bentuk
animasi dan mengembangkan sebuah imajinasi menjadi nyata
10. Penggunaan animasi,
visualisasi, eksperimen virtual dalam suatu pembelajaran aktif tidak menjamin
efek positif pada pembelajaran.
Jawaban :
Pengunaan
animasi visualisasi dan eksperimen dalam hal pembelajaran aktif tidak melelulu
menghasilkan sesuatu yang positif apabila penyajianya kurang mempertimbangkan
kesesuain dan ketetapan disegala hal nya teritama misalnya pada tingkatan
audiencenya. Karena penggunaan animasi, vuaslisai dan vitual yang berlebihan
dapat menyebabkan siswa teralihkan perhatianya dan kurangnya konsentrasi.
Pembelaaran aktif merupakan pebelajaran yang melibatkan siswa didalamnya jadi
apabila hal tersebut terlalu berlebih dan mendominasi maka akan menjadikan
siswa tersebut tidak aktif dan kurang tertarik
DAFTAR PUSTAKA
(9-11-2018)
2015). Keuntungan peggunaan media
pembelajaran film dan video.[online]. Diakses :
https://ilmu-pendidikan.net. (9-11-2018)
Munir.(2012).
Multimedia : konsep dan aplikasi dalam pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar